Jumat, 10 Mei 2013

ASPEK GEOGRAFI

Secara garis besar, dalam menelah dan mengkaji geografi dapat diklasifikasikan menjai tiga aspek, yaitu, geografi fisik, geografi manusia dan geografi regional. Untuk penjelasan mengenai ketiga aspek tersebut dapat kita lihat dibawah ini.
.
1.    GEOGRAFI FISIK
Geografi fisik adalah cabang dari ilmu geografi yang mempelajari gejala fisik dari permukaan bumi yang meliputi tanah, air, dan udara dengan segala prosesnya. Selain itu, geografi fisik juga mengkaji gejala-gejala alamiah permukaan bumi yang menjadi lingkungan hidup manusia. Geografi fisik dapat dijadikan pelengkap dalam mempelajari geografi manusia, sehingga keduanya tidak dapat dipisahkan. Sesuai dengan pembagian geografi ortodok, geografi fisik terdiri atas geomorfologi, hidrologi, klimatologi, pedologi dan lain-lain.
bentuk geografi fisik dari bentang alam
.
2.    GEOGRAFI MANUSIA
Geografi manusia adalah cabang dari ilmu geografi yang mempelajari semua aspek gejala di permukaan bumi yang mengambil manusia sebagai objek utamanya. Sesuai dengan pembagian geografi ortodok, geografi manusia dapat dibagi menjadi geografi ekonomi, geografi penduduk, geografi perkotaan, dan geografi pedesaan.
.
3.    GEOGRAFI REGIONAL
Geografi regional merupakan perpaduan dari geografi fisik dan geografi manusia. Geografi regional merupakan studi tentang variasi persebaran gejala dalam ruang pada waktu tertentu baik lokal, nasional, maupun kontinental. Melalui analisis geografi regional, karakteristik yang khas dari suatu wilayah dapat ditonjolkan, sehingga perbedaan wilayah dapat terlihat jelas. dalam studi geografi regional, semua gejala geografi ditinjau dan dideskripsikan secara barkaitan dalam hubungan integrasi dan interrelasi keruangan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar