Kamis, 02 Januari 2014

BERPIKIRLAH HAL BAIK DENGAN OTAK ANDA



Salah satu karya hebat Tuhan adalah otak manusia. Ya.... otak manusia adalah pembeda diri manusia dengan makhluk lain. Bahkan otak kita melebihi kemampuan komputer paling canggih di dunia sekalipun.

Salah satu hal paling berpengaruh terhadap perkembangan umat manusia adalah otak manusia itu sendiri.
Sejarah manusia yang panjang telah menunjukkan bahwa otak manusia sangat berperan penting dalam menentukan peradaban manusia di dunia. Manusia bisa bertahan karena kemampuan otaknya. Begitu pula sebaliknya, manusia akan punah jika otaknya tidak mampu berkembang dengan baik.

Peradaban manusia pada masa lampau menunjukkan beberapa bukti hebat tentang bagaimana otak manusia memberikan kontribusinya terhadap keberlangsungan peradaban umat manusia itu. Pada zaman manusia purba, diawali dengan hanya berkelana tanpa tujuan mengikuti kemana langkah kaki ingin pergi sehingga manusia tersebar ke seluruh dunia. Mereka mengandalkan kemampuan berburu saja untuk mencari makan. Belum mengenal tulisan, agama, budaya, politik dan lain sebagainya.

Kemudian manusia berkembang lebih maju dan cerdas berkat interaksinya dengan alam dan kemampuan otaknya untuk terus berpikir sehingga terasah. Contohnya adalah peradaban manusia di Mesir kuno, Cina kuno, dan  di India kuno. Orang mesir kuno, Cina kuno dan India kuno sudah mengenal tulisan. Walaupun pada awalnya masih berupa tulisan gambar. Kebudayaannya sungguh monumental, tidak diragukan lagi. Sistem politik sudah maju. Dan mereka bertahan sampai ribuan tahun lamanya terhadap perubahan kondisi alam yang ganas, dimana lembah sungai besar yang mereka tinggali sering meluap dan banjir. Secara tidak langsung memaksa mereka menggunakan otak mereka untuk berpikir keras. Sehingga otak mereka lebih cerdas dari peradaban lain pada masanya.

Pernahkah dibenak Anda bertanya mengapa di daerah wilayah khatulistiwa yang beriklim tropis berisi negara berkembang dan negara miskin, sementara wilayah lintang tengah sampai kutub berisi negara-negara maju? Secara tidak langsung, keadaan alam yang tenang dan minim gejolak di wilayah khatulistiwa membuat otak para manusia yang menghuninya tidak perlu berpikir keras. Tidak ada sebab yang mengharuskan mereka berpikir keras, karena semua kebutuhan mereka sudah tersedia di alam yang kaya dan sangat bersahabat.

Berbeda dengan wilayah lintang tengah sampai kutub yang memang menyimpan banyak tantangan bagi manusia yang menghuninya. Di sana terdapat banyak badai, angin kencang, gurun kering yang menyengat, sampai lautan es yang menusuk tulang. Semua itu memaksa otak mereka berpikir keras untuk bertahan hidup. Sehingga manusia yang menghuni daerah ini sudah terbentuk kebiasaan berpikir keras setiap harinya. Sehingga wajar jika peradaban mereka lebih maju.

Jadi, mengapa Anda tidak membiasakan diri untuk berpikir setiap hari dalam kehidupan Anda? Mungkin karena Anda sudah terlena dengan keadaan di sekitar Anda. Suasana tenang dan tanpa tantangan sudah menjadi keseharian Anda. Bahkan Anda merasa takut terhadap perubahan. Anda sudah berada dalam zona nyaman Anda. Otak Anda secara tidak langsung sudah terbiasa dengan keadaan Anda setiap hari, sehingga ketika ada sesuatu yang membuat otak Anda harus berpikir, maka Anda menghindar atau mencari-cari alasan pembenaran atas tindakan Anda.

Otak Anda dan saya sudah diciptakan oleh Tuhan agar kita semua berpikir. Karena aktivitas berpikirlah yang membedakan kita dengan makhluk lain. Otak kita mempunyai banyak kotak-kotak memori dalam jutaan sel sehingga kemampuannya bisa melebihi otak komputer paling canggih di dunia sekalipun, jika kita semua membiasakan diri untuk berpikir.

Lalu apa yang seharusnya kita pikirkan dalam otak kita setiap hari? Tentunya kita harus berpikir hal yang baik. Bukan hal yang buruk. Kita harus selalu ingat pepatah yang mengatakan " Diri Anda adalah apa yang Anda pikirkan". Maksudnya jika Anda berpikir yang negatif, tentunya hal itu akan membuat apapun yang Anda lakukan menjadi negatif juga. Anda pasti pernah mengalami saat galau atau stress yang kemudian berdampak pada kacaunya pekerjaan Anda, hubungan Anda dengan pasangan dan keluarga, Anda marah-marah tidak jelas, dan sebagainya.

Ya, apapun yang kita pikirkan adalah benar dan akan jadi kenyataan. Jadi kita harus menggunakan otak kita untuk berpikir hal yang positif. Otak adalah penggerak anggota tubuh kita. Pengendali utama dalam tubuh kita adalah otak. Jika otak kita berpikir positif, maka otak akan memerintahkan anggota tubuh kita agar melakukan hal yang positif juga.

Jadi mulai sekarang, biasakanlah untuk berpikir yang positif setiap hari.

Katakan dengan lantang dan keras "BISA...!!!" setiap kali Anda mau mencapai impian Anda. Maka otomatis otak Anda akan memerintahkan tubuh Anda untuk berbuat sesuatu untuk mencapai impian Anda. Walaupun Anda tahu akan banyak sekali halangan dan rintangan serta beberapa kegagalan, namun Anda sudah tahu hasilnya adalah SUKSES.

Semoga tulisan ini menginspirasi Anda. Amiin.



ANDA INGIN BEBAS FINANSIAL? KUNJUNGI LINK DI BAWAH INI:
www.g-website.com
www.blakblakan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar